Pada suatu hari pada saat ingin menghidupkan computer tiba – tiba ada bacaan “ NTLDR is Missing “di layar monitor sehingga computer tidak dapat log on ke windows XP. Rupanya NTLDR, boot.ini, NTDETECT,dll adalah segerombolan file yang berada pada DRIVE dimana windows terinstall, namun juga bisa berada di luar DRIVE windows terinstall karena beberapa faktor tertentu, NTLDR is Missing adalah salah satu cobaan bagi pengguna windows khususnya windows XP dimana file NTLDR ini memang berperan sangat fital saat proses booting windows dilakukan.
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan file NTLDR ini missing atau hilang dari tempatnya, hal pertama karena tidak sengaja dihapus oleh user, biasanya NTLDR ini di hidden dengan super hidden, yang termasuk file-file windows yang dilindungi oleh otoritas windows itu sendiri, namun demikian dapat juga file krusial ini di hapus dengan sengaja, sehingga saat booting, akan muncul pesan di layar monitor seperti ini “NTLDR is Missing”
Yang kedua adalah karena virus, virus jahat dan tidak bertanggung jawab bisa menghapus file ini tanpa ampun karena kerjaannya cuma menghapus file-file windows yang krusial ini, pembuat virus sudah melakukan tahap terakhir dengan jalan terpaksa membuat windows menjadi cacat, padahal masih bisa dilakukan dengan cara bercokol di system windows sambil memperanakan diri, tapi kayaknya pembuat virus tidak suka sosialisasi.
Yang ketiga adalah karena corrupt, bisa terjadi karena hardisk nya ataupun beberapa saat terjadi mati listrik mendadak dan komputer tidak menggunakan UPS, akhirnya file NTLDR tersebut hilang dari tempatnya, dari beberapa hal diatas yang sudah disebutkan anda tidak perlu khawatir, untuk mengatasi hal ini biasanya cukup mudah.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencopykan file NTLDR ke flashdisk anda dari komputer yang tidak cacat (file NTLDR nya masih ada), masukan flashdisk kedalam komputer yang file NTLDR nya hilang lalu booting dengan windows live CD,Bart PE, atau norton Ghost 10 above. Kemudian copykan file NTLDR tersebut (dari flashdisk) kedalam drive dimana ada boot.ini dan NTDETECT.com. Coba ulangi booting.
Langkah alternative adalah mengcopynya melalui CD Windows XP, booting CD windows XP, saat ada pilihat repair windows dengan consule, tekan R, setelah masuk kedalam konsul tekan 1, jika password administrator kosong langsung saja tekan enter, jika tidak silahkan masukan password administrator. Kemudian copykan file NTLDR yang terdapat pada CD windows XP di folder i386 ke dalam drive dimana boot.ini,NTDETECT atau dimana file windows terinstall dengan cara : copy source destination (path).

Diposting oleh Rhiazu08 Minggu, 11 September 2011

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe here

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Translate

Anda Pengunjung Ke -

web site hit counter

Pengikut

Profil

Foto saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia