I. Hardware
Perangkat keras atau Hardware pada computer adalah Semua perangkat computer yang berupa fisik dan dapat dibedakan dengan data yang disimpannya atau program yang menjalankannya. Sebuah hardware tidak akan berfungsi tanpa sebuah program.
Hardware pada computer dibedakan menjadi 3 kelompok yakni :
- Alat Input
Alat input atau alat masukan yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer.
Contoh :
• Touch Pad


Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. biasanya digunakan sebagai pengganti mouse.


• Light Pen

Adalah pointer electonik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan signal cahaya ke komputer yang kemudian direcam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam signal electronik setiap baris perdetik.

• Barkode Reader

Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian deterjemaahkan kedalam bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk seperti makanan, minuman, alat electronik yang digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi produk yang dijual dengan barkode.

- Alat Pemroses (Proces device):

Alat Pemroses yaitu alat dimana instruksi-intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dalam alat ouput. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (central processor unit) dan main memory. Alat – alat yang ada di dalam alat proses / cpu, antara lain :

a. Main Board

merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja komputer. alat ini berfungsi untuk menampung dan mengelola alat alat yang terhubung dalam rangkaian alat proses seperti prosesor, memory (ram), harddrive, dll. Merk dari Main Board / Mother Board ini sangat banyak, antara lain intel, asus, gigabyte, pcchip, nexx, hp, dan lain lain. Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory dan prosesor dan mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, AGP, dan fungsi I/O lainnya.

b. Prosesor

alat ini merupakan inti dari alat proses itu sendiri, berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz ( Mega Hertz ) atau GHz ( 1000 MegaHertz ), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer. Prosessor dapat kita analogikan sebagai otak dari computer. Hardware ini berfungsi untuk melakukan segala macam proses dalam system computer. Sehingga processor sangat menentukan kecepatan dan performa system computer.Dalam kenyataan di dalam system computer kita tidak dapat melihat secara kasat mata bagaimana cara kerja prosesor. Namun pada saat computer bekerja, prosesor sebenarnya melakukan pemrosesan aritmatika dan pengendalian operasi computer secara keseluruhan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh user.

c. RAM (Random Access Memory)

alat ini digunakan untuk membantu prosesor dalam melakukan pekerjaan pengolahan data, selain itu, RAM juga bisa digunakan sebagai alat penyimpanan data yang bersifat sementara (tidak permanen). Maksudnya data akan hilang jika computer dimatikanTipe-tipe Ram yaitu EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM. Dalam RAM, terdapat beberapa chip memory yang digunakan sebagai storagenya. Kapasitas RAM hingga kini telah mencapai 2Gb per keping memorynya.

- Unit Output (Output device):

Adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk melihat instruksi yang sedang dilakukan oleh komputer dan untuk melihat hasil pengolahan data komputer. output atau hasil pengolahan data tersebut dapat berupa tulisan, image atau gambar suara dan bentuk yang dapat dibaca oleh mesin. macam-macam output device:
a. Infocus

merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan memilki warna putih.

b. Ploter

merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya ploter digunakan untuk mencetak gambar berukuran cukur besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan

Diposkan oleh Rhiazu08 Selasa, 23 Agustus 2011

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe here

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Translate

Anda Pengunjung Ke -

web site hit counter

Pengikut

Profil

Foto Saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia